"> Berkembang dengan Instagram ads | Blog Langit23

Berkembang dengan Instagram ads

Berkembang dengan Instagram ads

Day 6

Topic

Berkembang dengan Instagram ads

Selamat Bergabung di Kelas hari Keenam : 30 hari sukses jualan di Instagram

Setelah lima hari sebelumnya kita membahas tentang Langkah awal sukses jualan di Instagrambagaimana cara membuat posting di Instagram yang berdaya marketing tinggi, Manfaat menggunakan 12 tipe Instagram hashtag untuk bisnis/brand kita , Memahami algoritma Instagram supaya akun bisnis/brand kamu berkembang dan Berbagai macam jenis kolaborasi di Instagram untuk meningkatkan audience dari akun Instagram kamu

Kini saatnya kita membahas mengenai Instagram ads untuk mengembangkan akun Instagram anda 

30 hari sukses jualan di Instagram

Memulai dengan Instagram ads dan memulai post potensial untuk dipakai beriklan

Setelah lima hari ke belakang kita belajar mengembangkan akun Instagram bisnis / brand anda secara organik alias tidak berbayar, sekarang kita akan membahas mengenai cara mengembangkan akun Instagram bisnis/brand anda memakai Instagram sponsored ads alias berbayar.

Perlu dicatat bahwa penting untuk mengoptimasi tampilan dan juga konten(isi) dari akun IG bisnis anda bila ingin mendapatkan hasil kampanye Iklan Instagram ads yang maksimal.

Bila akun Instagram bisnis anda baru, kosongan atau akun Instagram bisnis anda tidak dioptimalkan dengan tampilan dan konten konten yang bisa menarik target pemirsa anda, maka hasil kampanye Iklan Instagram ads anda akan susah maksimal hasilnya.

Bisa diibaratkan sama dengan mengundang banyak orang ke toko yang kosong atau mengundang banyak orang ke toko yang tidak menarik dekorasi nya.

Pengaruh optimasi profil IG anda terhadap kampanye Iklan Instagram ads anda

Ibaratkan Profil IG bisnis anda sama dengan tampilan toko anda di offline (yang tidak punya toko offline, bayangkan saja anda mempunyai sebuah toko offline).

Jika toko offline anda tampilan nya bagus, produk produk tertata rapi di rak, mudah dilihat dan apik tampilannya, disertai dengan informasi-informasi mengenai produk, mungkin ditambah dengan asisten toko yang siap menjawab segala pertanyaan anda seputar informasi produk dan harga. Walhasil tingkat penjualan bisa tinggi.

Profil IG bisnis anda sama dengan tampilan toko offline anda. Jika anda bisa “menata-nya” dengan apik, penuh informasi dan konten – konten yang menarik. Walhasil tingkat penjualan pun bisa tinggi.

Namun Se apik-apik nya tampilan profil IG bisnis anda / tampilan toko offline anda, penjualan tidak akan terjadi bila tidak ada traffic (pengunjung)

image host

Anda bisa mendatang kan traffic (pengunjung) ter-target dengan optimasi organik akun IG anda atau dengan memakai kampanye iklan Instagram ads.

Bisa dilihat Seperti ilustrasi di atas bila ada 10.000 orang yang datang ke profil IG bisnis anda yang sudah ter-optimasi dengan baik akan membawa tingkat konversi penjualan yang Lebih tinggi dibandingkan dengan profil IG bisnis yang belum ter-optimasi dengan baik.

Bagaimana caranya membangun profil IG bisnis yang ter-optimasi dengan baik? Anda sudah mempelajari nya 5 Hari belakang ini di Kursus 30 Hari Sukses Jualan di Instagram (terlebih di materi Hari pertama dan kedua dan kelima)

Disamping Jenis optimasi organik yang kami bahas 5 hari belakang ini, kita juga bisa memanfaatkan Instagram ads untuk mendongkrak interaksi yang Masuk ke akun IG bisnis kita.

Mayoritas pengguna akun IG bisnis menggunakan tombol promotion yang ada di Insta app untuk beriklan di Instagram ads.

Walaupun beriklan melalui tombol promotion ini memiliki banyak sekali kekurangan bila dibandingkan dengan memasang iklan Instagram ads melalui Facebook ads manager, namun kali ini akan saya akan fokus mengenai manfaat – manfaat nya.

image host

Beriklan Instagram ads lewat tombol promotion di app

Halaman pertama ketika memulai promotion di Insta app.

Ketika anda tap tombol promotion di profil IG atau tombol create ad yang ada di setiap postingan anda. Maka anda akan dibawa ke halaman pertama (awal) yaitu menentukan tujuan klik iklan (marketing objectives). Kita bisa memilih kemana kita mau membawa orang yang meng-klik tombol yang ada di Iklan kita (learn more, shop now, message now).

Anda bisa membawa orang yang meng-klik tombol yang ada di Iklan kita menuju profile IG kita, menuju website kita, atau menuju DM (direct message). 3 varian kampanye Iklan yang bisa anda pilih, bedanya jauh banget sebetulnya dengan Facebook ads manager, disitu kita bisa memilih 11 varian kampanye iklan.

Mana yang paling efektif? Sebetulnya kita menentukan varian kampanye iklan berdasarkan kebutuhan kita saat itu, sehingga jawaban dari mana yang paling efektif adalah “tergantung”. Tergantung apa yang kita butuhkan saat memasang kampanye Iklan dan kebutuhan kita juga bisa berubah ubah tergantung kondisi bisnis kita.

Semisal anda membutuhkan traffic pengunjung website maka jelas klik Iklan menuju website kita adalah pilihan yang tepat.

Tujuan klik Iklan menuju profile IG kita adalah salah satu varian kampanye Iklan yang buang buang budget Iklan menurut saya. karena kebanyakan orang menuju profile IG dengan tap profile picture, memasang link menuju profile IG Kita bisa dibilang percuma.

Bila saya diharuskan memilih diantara ketiga varian kampanye iklan tersebut saya akan memilih klik Iklan menuju website untuk cold audience dan klik Iklan menuju DM untuk warm/hot audience.

Halaman kedua ketika memulai promotion di Insta app.

Halaman kedua adalah halaman dimana anda bisa menentukan target pemirsa (audience). Anda bisa memilih pemirsa otomatis (automatic audience) dimana Instagram akan menentukan target pemirsa Iklan anda berdasarkan follower – follower yang ada atau anda bisa memilih untuk menentukan sendiri kriteria dari target pemirsa anda di bagian create your own.

Jangan pernah memilih pemirsa otomatis bila anda mengumpulkan follower dengan cara membeli atau dengan cara follow for follow, karena bisa dipastikan 99% Iklan anda tidak Bakal bagus hasil nya.

Di halaman ini anda bisa menentukan satu kelompok target pemirsa untuk kampanye iklan anda, yang sekali lagi bedanya jauh banget sebetulnya dengan Facebook ads manager, disitu kita bisa membuat kelompok target pemirsa tidak terhingga. Tidak hanya itu banyak Fitur Fitur di bagian ini yang tidak ditampilkan ketika kita membuat iklan Instagram ads melalui tombol promotion di app, Seperti memilih penempatan iklan berdasar platform dan devices (termasuk penempatan di aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook, 90% aplikasi di smartphone kamu pasti sudah bekerja sama dengan Facebook), Fitur penentuan target pemirsa nya juga berbeda (ini yang sayang sekali kalo di skip), dan opsi cost control.

Halaman ketiga ketika memulai promotion di Insta app.

Halaman ketiga adalah tempat dimana anda menentukan budget Iklan dan durasi (hari) untuk kampanye Iklan yang sudah anda set.

Beda nya dengan Facebook ads manager ada di penjadwalan Iklan berdasarkan waktu, yang tidak tersedia ketika anda memasang iklan Instagram ads melalui IG app.

Halaman keempat (terakhir)

Halaman terakhir adalah tempat dimana anda menentukan metode pembayaran yang anda pakai untuk kampanye Iklan yang Sudah anda set.

Oh ya, untuk materi Iklan anda bisa memilih salah satu dari postingan anda di IG, bedanya dengan memasang iklan melalui Facebook ads manager adalah disitu anda bisa membuat materi khusus untuk kampanye iklan anda, tidak harus memilih melalui postingan postingan kita di IG.

Itulah 4 halaman, 4 tahapan yang harus anda lalui untuk membuat Iklan Instagram ads melalui IG app. Memang Fitur nya tidak se-lengkap dengan memasang Iklan Instagram ads melalui Facebook ads manager, tapi lumayan lah buat memulai, incip incip rasa nya Iklan Instagram ads Seperti bagaimana.

Tips memilih post yang potensial untuk dipakai beriklan

Dari sekian banyak post anda di akun IG anda, pasti ada post yang performanya bagus dan ada juga post yang performanya kurang bagus. Tips dari saya adalah untuk menemukan post yang performanya bagus dan pakai post tersebut untuk beriklan di Instagram ads. Biasa nya post yang performa nya bagus, Bakal bagus juga hasilnya jika di Iklan kan di Instagram ads, asal anda memilih target pemirsa yang pas.

image host

Bagaimana cara nya menemukan post yang performa nya bagus? Anda bisa menemukan nya di bagian insights dari IG app anda, di bagian tab content pilih see all. Dsitu kita bisa menemukan post yang memiliki paling banyak impresi, Paling banyak reach, paling banyak klik, paling banyak interaksi,dll. Kita bisa pilih post mana yang bisa kita pakai untuk beriklan tergantung kebutuhan kita.

Materi hari keenam yang sekaligus materi terakhir dari rangkaian kursus 30 Hari Sukses Jualan di Instagram mengenai berbagai macam penggunaan Instagram ads untuk bisnis/brand yang kamu harus tahu telah selesai. Terima kasih banyak buat yang sudah mengikuti kursus ini dari awal hingga akhir, bila ada pertanyaan atau komentar silahkan komen di bawah ini.

PR

Tentukan post anda yang performa nya bagus dan coba iklan kan dengan tombol promote di IG app

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *