Gimana kalo coffee shop menggunakan email marketing campaign?

Gimana kalo coffee shop menggunakan email marketing campaign?

Email marketing itu unik, dibilang gak efektif juga betul, dibilang sangat efektif dan tepat sasaran juga betul.

Lho kok bisa? iya bisa, semua tergantung bagaimana anda mengelola kampanye email marketing anda

Saya sempat membahas beberapa poin penting dalam menjalankan email marketing, antara lain yaitu 3 Kesalahan yang sering ditemui dan 5 Poin penting dalam menjalankan Email Marketing, Keuntungan dan Kerugian-nya mengumpulkan alamat Email customer anda, dan Cara mengubah stalker menjadi buyer melalui Email Marketing

Oke itu semua adalah Fondasi nya, mengenai teknis pelaksaan nya anda bisa mempelajari tahap awal nya di Kursus Gratis 10 Hari Memulai Email Marketing, daftar disini

Artikel kali ini adalah pengembangan dari teknis pelaksanaan Email Marketing, di sini saya akan membagikan contoh pelaksanaan Email Marketing terhadap salah satu Coffee Shop.

Contoh Alur kampanye Email Marketing

Adalah Coffee up sebuah gerai coffee shop yang mengkombinasikan Facebook dan Instagram ads dan kampanye email marketing sebagai salah satu usaha mereka untuk mencari customer baru bagi gerai mereka. (*nama sengaja diplesetkan untuk melindungi privacy coffeup, mereka gak mau kompetitor mereka meniru cara yang sama)

Saya akan membagikan bagaimana alur kampanye email marketing mereka berjalan.
Dimulai dari penayangan Facebook dan Instagram ads berakhir di rangkaian penayangan email.

Buat yang lebih suka membaca:

Semua dimulai dari iklan Facebook dan Instagram ads yang ditayangkan oleh coffeeup, berisi tentang diskon yang mereka bagikan. Syarat nya cuma satu, coffeup meminta alamat email calon customer mereka, jika mereka ingin menikmati diskon yang dibagikan.

Mereka yang memberikan alamat email mereka pastinya adalah mereka yang tertarik dan mau berkunjung ke gerai coffee up.
Kampanye email dimulai dari email reminder untuk segera mempergunakan benefit yang didapat yaitu diskon 20% all menu.

Baca Juga  Halaman Pertama Google dalam hitungan bulan? part I

Email yang kedua berisi tawaran diskon lagi, kali ini bahkan lebih besar, 30%. Untuk mereka yang foto/selfie dan posting di sosmed mereka, mengenai kunjungan mereka ke coffeeup. Mereka juga diharuskan click link di email yang masuk dari coffeeup. Dengan mengklik link yang diberikan contact email pun otomatis akan dipindahkan ke kategori FAN coffeeup yang dimana adalah orang yang pernah mengunjungi coffeeup dan menikmati setidak 2 kali diskon yang ditawarkan oleh coffeeup.

Kategori FAN Coffeeup akan menikmati diskon berkala, special menu, tips tips membuat snack sendiri dirumah (yang tidak ada di dalam menu) yang dikirim melalui kampanye email marketing lainnya. Dengan startegic plan seperti ini membuat kampanye  email marketing coffee up mempunyai open rate yang
sangat tinggi.

Kategori VIP FAN coffeeup adalah orang orang yang menunjukkan ketertarikan dengan coffeeup lebih dalam  lagi yaitu dari sifat mereka yang aktif membuka email yang masuk dan menggunakan promo2 diskon yang ada. Beberapa bulan setelah kampanye email marketing intensif dikirimkan, coffeeup mengadakan program membership card. Bisa ditebak bahwa pembeli program membership card paling banyak dari mereka yang termasuk dalam kategori VIP FAN coffeeup dan kategori FAN coffeeup.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih: