Hashtag oh hashtags

Hashtag oh hashtags

Day 3

Topic

Hashtag oh hashtags

Selamat Bergabung di Kelas hari Ketiga: 30 hari sukses jualan di Instagram 

Instagram merupakan media sosial paling populer saat ini dengan 22juta pengguna aktif dan tiap harinya mereka berinteraksi di Instagram selama 5,5jam (kalkulasi). Mendapatkan 10 juta pertama anda dari Instagram bukanlah hal yang luar biasa,asal anda tahu caranya.

Di kelas ini akan dibahas,langkah demi langkah menuju sukses jualan di Instagram dalam 30 hari.

Setelah sebelumnya anda membahas tentang tampilan profile anda. dan bagaimana cara membuat konten yang menarik.

Kini saatnya kita membahas tentang Hashtag.

Kelihatannya Hashtag dan Instagram tidak dapat dipisahkan. Ketika anda berbicara mengenai Instagram,pastinya anda akan berbicara mengenai postingan – postingan menarik di dalamnya dan hashtag – hashtag yang beredar.

Kenapa Hashtag dan Instagram tidak dapat dipisahkan? karena bisa dikatakan bahwa hashtag adalah Google nya Instagram. Ketika seseorang mencari sesuatu di Instagram,mereka mengandalkan Hashtag. Ketika seseorang ingin ditemukan di Instagram,mereka pun mengandalkan hashtags.

30 hari sukses jualan di Instagram

DAY 7 – 10

Manfaat dan Penggunaan hashtags

Manfaat menggunakan hashtags untuk bisnis anda adalah agar memudahkan pengguna melihat lihat (stalking) mengenai bisnis anda.

Sebagai contoh, Makmu cafe adalah salah satu cafe kekinian yang kita pakai sebagai contoh. Penggunaan hashtags pada bisnis (akun Instagram) Makmucafe akan memberi manfaat bagi para pengguna Instagram lainya untuk memudahkan mereka yang ingin browsing menu misalnya, browsing testimonial, browsing fasilitas,browsing alamat,dsb.

Menggunakan hashtag akan menurunkan persentase hilangnya customer bisnis anda karena kurang kenal dengan bisnis anda

contoh: saya ingin makan roti bakar  dan saya kenal dengan Makmucafe, yang tempatnya kebetulan dekat dengan rumah saya,ketika saya menemukan akun Instagram nya mungkin saya akan coba mengetik di kolom pencarian #menu_makmucafe,bila saya tidak menemukannya kemungkinan akan muncul menu dari pemilik bisnis lainnya.

kesimpulannya menggunakan hashtags dapat mendekatkan Bisnis anda dengan customer/calon customer anda.

4 cara menggunakan hashtags yang tepat untuk bisnis anda di Instagram

1. Gunakan hashtags untuk kategori bisnis anda di Instagram

Tiap bisnis pasti punya kategori, bila anda merasa tidak ada,mungkin karena anda belum sadar atau awas tentang penggunaannya saja.

Contoh Bisnis Cafe/restoran yang bernama Makmu Cafe kategori nya bisa jadi adalah #icecream_makmucafe #dessert_makmucafe #appetizer_makmucafe #maincourse_makmucafe #testimoni_makmucafe #review_makmucafe

Kategori bisa anda namakan apa saja asal masih jelas dan merepresentasikan isi – isi postingan di dalam hashtags tersebut.

Misalnya daripada memakai hashtag #testimoni_makmucafe anda bisa memakai #serunya_makmucafe atau lainnya.

Yang penting hashtags haruslah Singkat,Jelas,dan konsisten

Singkat

Hindari menggunakan hashtags yang panjang dan lama membacanya, contoh #kumpulantestimoni_makmucafe atau #daftarmenuterbaik2016_makmucafe.

Hashtags yang panjang akan susah diingat, dan menyebabkan user tidak kembali menggunakannya kembali

Jelas

Hashtags haruslah jelas, me-representasikan apa yang bakal user(pengguna) hashtags tersebut lihat.

Konsisten

Pilihlah satu nama hashtags untuk mengkelompokkan jenis postingan tertentu dan gunakan itu terus, jangan berubah – ubah.

Karena hashtag yang berubah – ubah akan membuat bingung pengguna,anda dan menurunkan kredibilitas bisnis anda.

2. Beri hashtags yang populer dan relevan pada tiap postingan anda

Tidak cukup memberi hashtags berdasarkan kategori bisnis anda, anda juga perlu memberi hashtags yang sedang populer dan relevan di tiap postingan anda.

Kenapa?

karena para pengguna Instagram mencari barang/gaya hidup/trend/tempat/apapun itu melalui hashtags, jangan sampai bisnis anda ketinggalan dan tidak ditemukan oleh para calon customer anda.

Apa itu Hashtags yang populer dan relevan?

adalah hashtags yang banyak dipakai orang untuk postingan mereka. Cari Hashtags yang populer dan relevan(berhubungan) kemudian selipkan di setiap postingan anda.

Bagaimana Mencarinya?

Mulailah mencari hashtags yang populer dan relevan melalui kolom pencarian di Instagram.

Contoh bila saya ingin menemukan hashtags yg populer mengenai es krim,mulailah mengetik di kolom pencarian #eskrim.

Maka hasil pencarian akan menayangkan hashtags terpopuler mengenai es krim,mulai dari yang paling banyak postnya hingga yang sedikit.

Ketika anda telah menemukannya, tambahkan di postingan anda yang relevan

3.Gunakan hashtags untuk membangun interaksi antara anda dengan calon customer anda di Instagram

Bisnis agan di Instagram pasti punya yang nama nya Fan,yaitu orang orang yang memiliki ketertarikan langsung dengan bisnis anda. Bagaimana caranya anda menemukan orang orang ini dan berinteraksi dengan mereka tanpa menggunakan Hashtags? Imposssible dan membingungkan

Tanya jawab,Peluncuran produk baru,quiz,event,peluncuran cabang baru,kantor baru. apapun itu,yang berhubungan dengan bisnis anda, Gunakan hashtags

Hashtags adalah cara yang pintar untuk membangun interaksi antara anda dengan komunitas,customer,calon customer anda di Instagram

4. Mulai lah mempromosikan hashtags anda !

Awas jangan salah! yang harus anda promosikan adalah hashtags kategori bisnis anda, jangan mempromosikan hastags umum dengan ribuan hingga jutaan pengguna.

Saya kira anda sudah tau kenapa, ya karena mempromosikan hastags umum dengan ribuan hingga jutaan pengguna tidak ada manfaatnya bagi bisnis anda

Bagaimana Cara mem-promosikannya ?

berbagai macam cara dapat anda tempuh untuk mempromosikan hashtags anda, mulai dari iklan (ads) di Facebook,Instagram,Youtube dan Google. membuat artikel website dan mengandalkan keberuntungan dari mesin pencari, sharing post di sosial media,dll.

PR

Gunakan 3 hari kedepan merajut hashtags dan menyematkan hashtag populer di dalam postingan anda. dan mulailah memikirkan cara terbaik utk mempromosikannya

Untitled-1Aga,Former CEO of OmahPohon ecommerce sites, owner of Langit23 Digital Marketing Agency. eager at social media analytic and its application to bussiness and brands,advertisement addict,and Internet marketer,plus digital design enthusiast.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih: