Kejar Interaksi sampai ke bulan

Kejar Interaksi sampai ke bulan

Day 4

Topic

Kejar Interaksi sampai ke bulan

Selamat Bergabung di Kelas hari keempat: 30 hari sukses jualan di Instagram 

Instagram merupakan media sosial paling populer saat ini dengan 22juta pengguna aktif dan tiap harinya mereka berinteraksi di Instagram selama 5,5jam (kalkulasi). Mendapatkan 10 juta pertama anda dari Instagram bukanlah hal yang luar biasa,asal anda tahu caranya.

Di kelas ini akan dibahas,langkah demi langkah menuju sukses jualan di Instagram dalam 30 hari.

Setelah sebelumnya saya membahas tentang tampilan profile anda.  cara membuat konten yang menarik, dan membangun,mempergunakan hashtags di Instagram secara tepat.

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya mengejar interaksi dan kenapa interaksi harus dikejar?

sama seperti halnya ketika anda ditugaskan untuk menjual/memasarkan sebuah produk atau bisnis seperti cafe,restoran,bengkel mobil,apapun itu. anda akan sangat senang bila ada yang berinteraksi dengan anda,bukan?

Contoh bila anda ingin menjual Tas, anda akan sangat senang bila ada yang bertanya atau memuji tentang produk anda,bukan?

Inilah yang ingin saya tekan kan di topik kali ini. Kejar Interaksi sampai ke bulan,Kejar interaksi sampai dapat!

Ya,karena interaksi tersebut bagian awal sebelum terjadinya penjualan dan interaksi tersebut bisa anda bangun. ini caranya:

30 hari sukses jualan di Instagram

DAY 11 – 20

Mulailah berinteraksi dengan customer/calon customer anda

Mulailah berinteraksi dengan calon customer anda,yaitu para pengguna Instagram yang ideal nya bakal menjadi customer/pembeli anda.

Bagaimana saya tahu orang – orang yang bakal menjadi pembeli saya?

Perhatikan di sekeliling anda atau perhatikan customer – customer anda yang sudah ada sebelumnya.

Perhatikan dan cari 3-4 faktor kemiripan di antara mereka.

Baca Juga  Saatnya action, susun Kampanye Email Marketing anda

Contoh bila saya memiliki bisnis Cafe Kekinian maka salah satu kelompok calon customer saya adalah para pelajar dan mahasiswa khususnya mereka yang sering nongkrong di cafe dan suka menikmati kuliner

Bagaimana caranya berinteraksi?

Mulai dari browsing timeline mereka,like postingan mereka,komen postingan mereka,hingga follow akun mereka adalah bentuk interaksi.
Kebanyakan yang dilakukan orang orang adalah follow,namun interaksi bisa anda lakukan tanpa follow, browsing timeline pun adalah satu bentuk interaksi.

Tau gak, kalo apa yang kamu likes tiap hari di feed instagram kamu berpengaruh langsung ke akun Instagram kamu, jadi mulai sekarang jangan sembarang likes ya, like postingan postingan calon customer kamu (Buat yang Instagram nya dipakai untuk bisnis)

Apa manfaatnya?

Manfaat dari berinteraksi dengan akun akun bakal customer/pembeli anda adalah bahwa anda akan mendapat timbal balik nya.

Iya,apa yang anda post juga akan tampil di home feed mereka.

Kesalahan umum

kebanyakan orang yang menggunakan Instagram untuk bisnis mempergunakan akun mereka untuk browsing,like akun akun favorit mereka,berdasar kesukaan mereka masing masing. Dan bukan browsing akun akun bakal pembeli/customer mereka.

Cari dan temukan orang yg fanatik dengan brand anda

Ketika interaksi telah tercipta,pastinya bakal ada orang – orang (akun) yg sering like postingan anda atau sering memberikan komentar,

Cari dan temukan orang – orang tersebut dan Save kontak mereka (BBM,WA,Line) agar bisa anda berikan promosi mengenai produk anda.

Adakan event,diskon promosi,quiz untuk meningkatkan interaksi

Ketika komunitas bisnis anda di Instagram sudah terkumpul, baik follower maupun non-follower,maka anda pun bisa mengadakan event (baik secara online/offline), diskon promosi, dan quiz berhadiah.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempererat interaksi antara bisnis anda dengan komunitas bisnis anda (baik follower maupun non-follower)

Baca Juga  Hashtag untuk meningkatkan brand awareness

Sambut setiap interaksi yang datang dengan tangan terbuka

Artikel ini menekankan dan mengajarkan kepada anda untuk mengejar interaksi. ketika interaksi itu datang,sambut dengan tangan terbuka.

Baik itu berupa komplain,pujian,testimoni,pertanyaan apapun itu.

Komplain pun harus anda jawab dengan tangan terbuka,bahkan harus lebih cepat menjawabnya. Karena di jaman sosial media seperti ini,apapun itu bisa berkembang sangat cepat,termasuk komplain,anda tidak mau salah satu komplain yang tidak tertangani dengan baik dari customer anda berdampak buruk bagi brand/bisnis anda.

Smartfren adalah salah satu contoh brand yang responsif menangani komplain yang masuk

PR

Mulailah menemukan 10-30 orang bakal calon pembeli/customer anda per harinya untuk anda ajak berinteraksi mulai dari browsing timeline mereka,like postingan mereka,komen di foto2 mereka bila anda menemukan ada yg menarik,juga follow.

Untitled-1Aga,Former CEO of OmahPohon ecommerce sites, owner of Langit23 Digital Marketing Agency. eager at social media analytic and its application to bussiness and brands,advertisement addict,and Internet marketer,plus digital design enthusiast.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih: