Keuntungan website dibandingkan marketplace

Keuntungan website dibandingkan marketplace

Kalo sudah jualan di marketplace buat apa lagi punya website? Saya kira pertanyaan tersebut mewakili suara dari banyak pemilik bisnis yang berjualan di marketplace besar seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Disini akan saya coba jabarkan beberapa keuntungan website yang tidak bisa anda dapatkan dari marketplace, saya menulis ini bukan semata mata karena saya kebetulan adalah salah satu pemiliki bisnis yang menyediakan website development, anda bisa cross reference dengan mengecek beberapa sumber di Google.

Marketplace yang ramai pengunjung merupakan salah satu daya magnet yang besar untuk para pemilik bisnis untuk ikut berjualan di situ. namun sebetulnya marketplace tersebut tidak melulu memberikan manfaat positif bagi bisnis anda.

ada juga beberapa manfaat yang hanya bisa kita dapatkan dari website namun ada juga beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dari marketplace. memahami manfaat dan resiko marketplace dan melakukan tindakan yang perlu bagi bisnis anda dengan bijak adalah langkah marketing yang tepat.

Berikut adalah Keuntungan dan Kerugian website bila dibandingkan dengan marketplace dari perspektif anda sebagai Pemilik bisnis

Head2

Keuntungan Marketplace

  • Banyak pengunjung, banyak yang mencari produk, termasuk produk yang anda jual

    Marketplace biasa nya identik dengan pengunjung nya yang banyak. Karena memang tujuan seseorang mendirikan marketplace adalah untuk mendapatkan pengunjung sebanyak banyak nya agar marketplace nya ramai dan banyak orang yang menggunakan-nya, hingga akhirnya mereka bisa mendapatkan keuntungan dari Iklan atau hal lain-nya.

    Hal ini membawa keuntungan tersendiri bagi kita pemilik bisnis bila kita ikut berjualan di marketplace yang ramai. Pastinya banyak yang mencari berbagai macam produk di marketplace, termasuk produk yang kita jual.

  • Dipromosikan Gratis

    Ketika kita berjualan di marketplace maka kita akan di promosikan secara gratis oleh pihak marketplace. Bahkan di promosikan secara gratis di platform – platform berbayar seperti Google adwords, Facebook atau Instagram ads. Ya, jadi pihak marketplace yang membayar iklan untuk mempromosikan produk kita.

    Ahh yang bener? bener kok, kan mereka ingin produk kita laku. Semakin laris produk kita di marketplace tersebut maka popularitas marketplace tersebut pun akan semakin tinggi dan pendapatan marketplace tersebut pun akan semakin besar.

  • Rekening Bersama

    Rekening bersama adalah salah satu keuntungan dari marketplace yang bermanfaat bagi bisnis kita. Ya dengan rekening bersama customer akan lebih percaya dengan bisnis kita.

    Contoh kasus seseorang yang ingin sekali membeli produk anda namun merasa ragu karena takut ditipu, karena mungkin mempunyai pengalaman ditipu di masa lalu, bila anda me-listing produk anda di marketplace yang sudah terkenal, maka mereka tidak akan ragu lagi, karena mereka membayar ke rekening bersama milik marketplace dan bukan ke rekening anda, dan pihak marketplace pun menjamin keamanan uang mereka, seandainya mereka tidak mendapatkan barang sesuai transaksi.

Kerugian Marketplace

  • Perang Harga

    Marketplace biasa nya ramai akan penjual dan pembeli, walhasil kompetitor anda juga bersebaran di marketplace. Otomatis hukum rimba pun berlaku, pembeli pun mengingkan untuk mendapatkan harga yang terbaik, biasa nya pembeli mencari harga yang paling rendah atau yang paling banyak memberikan manfaat.  Siap siap Perang Harga di marketplace, awasi harga kompetitor anda.

  • Keberlangsungan bisnis bergantung kepada keberlangsungan marketplace

    Ketika anda hanya mengandalkan marketplace sebagai tempat berjualan, maka itu artinya keberlangsungan Bisnis yang anda bangun bertahun tahun pun sangat lah bergantung kepada keberlangsungan marketplace itu sendiri.

    Sehingga bila suatu saat marketplace tersebut memutuskan untuk “gantung sepatu” alias tutup, maka otomatis tempat anda berjualan pun tutup, customer – customer yang selama ini mengunjungi lapak anda pun hilang ditelan angin.

    Gak mungkin? Saat ini mungkin tidak mungkin bila popularitas marketplace tersebut di atas angin, namun ke depan-nya? tidak ada yang tidak mungkin,semua bisa terjadi. Ketika marketplace tersebut tidak mendapatkan keuntungan sesuai target yang di minta maka otomatis mereka akan tutup.

    Masih ingat tentang Multiply marketplace yang besar berkembang di Indonesia sampai punya kantor di Indonesia, yang rutin membagi bagikan diskon yang besar besar. Banyak yang memanfaatkan promosi mereka, hingga akhir nya pada suatu hari mereka memutuskan untuk menyudahi perjalanan bisnis mereka, Tutup.

    Banyak Multiply seller yang berhamburan ke mana mana, ada yang jualan melalui Facebook profile mereka ada yang stop berjualan online, macam – macam cerita nya.

    Saya sendiri bekas Multiply seller, namun saya mempunyai website disamping lapak saya di Multiply, saya juga mempunyai Fanpage yang lumayan besar jumlah nya, jadi kebanyakan customer saya pergi ke website atau fanpage setelah Multiply tutup.

  • Desain Landing Page bergantung dari marketplace

    Di website kita mengenal istilah UI (User Interface) dan UX (User Experience) yang artinya adalah desain website yang dilihat oleh user (UI) dan pengalaman user mengoperasikan website (UX). UI dan UX sangatlah berpengaruh terhadap penjualan (jika itu adalah ecommerce site), UI dan UX juga mempengaruhi trafik pengunjung website.

    Bila kita hanya mengandalkan lapak di marketplace artinya UI dan UX landing page kita (lapak kita di marketplace) seratus persen – 100% mengandalkan desain dari marketplace tersebut, yang artinya tidak ada yang bisa kita ubah desain nya

Head1

Keuntungan Website

  • Keberlangsungan bisnis bergantung kepada anda sendiri

    Salah satu keuntungan website bila dibandingkan dengan lapak anda di marketplace adalah keberlangsungan bisnis anda bergantung kepada anda sendiri.  beda bila anda bergantung dari lapak anda di marketplace, maka keberlangsungan bisnis anda, bergantung kepada keberlangsungan marketplace.

    Bertahun tahun anda membangun bisnis anda, beriklan disana sini dan mengarahkan customer anda untuk mengunjungi website anda, anda pula lah yang memutuskan kapan website anda akan berhenti. Yah kalo di dunia nyata itu seperti anda mempunyai toko sendiri dan anda juga lah yang memutuskan kapan toko tersebut akan tutup.

  • Tidak ada perang harga

    Jelas tidak ada perang harga di website milik anda sendiri, karena admin user nya hanya lah anda sendiri. anda yang mengupload produk anda sendir dan anda juga lah yang memberikan harga.

  • Giring customer anda ke dunia anda sendiri

    Bila anda membawa calon customer anda ke dalam website anda sendiri, itu artinya anda telah mengiring customer anda ke dalam dunia anda sendiri. Anda bisa menentukan apa yang pertama kali mereka lihat di dalam website anda, anda bisa menentukan diskon apa yang cocok dengan pembelian yang telah mereka lakukan dan sebagai nya.

    Hal ini merupakan nilai plus tersendiri dari website.

  • Bisa di iklan kan di ads platform terkenal seperti Facebook, Instagram dan Google

    Bila anda mempunyai website sendiri, maka website anda pun bisa anda iklan kan di platform – platform terkenal seperti Facebook, Instagram dan Google. Seperti yang dilakukan oleh pemilik marketplace terkenal.

     

  • Landing page bisa di desain sesuka hati

    Keuntungan dari memiliki website sendiri adalah anda bisa menyusun UI dan UX pengunjung anda sendiri. (baca poin dari kerugian marketplace di atas)

Kerugian Website

  • Tidak dipromosikan gratis

    Salah satu kerugian website bila dibandingkan dengan marketplace adalah website anda tidak dipromosikan gratis bila dibandingkan dengan lapak marketplace anda yang dipromosikan oleh pihak marketplace.

  • Bukan rekening bersama

    ya website anda jelaslah bukan rekening bersama. yang artinya anda harus merajut kepercayaan calon customer anda agar mereka percaya dan melakukan pembayaran melalui website anda.

    namun ini bisa diatasi dengan mengajak mereka untuk melakukan pembayaran melalui marketplace walau mereka telah datang ke website anda.

  • Pengunjung website yang datang sangat bergantung kepada usaha anda

    Pengunjung website yang datang ke website anda sangatlah bergantung terhadap usaha promosi anda mengiklan kan website anda.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih: