Sudahkah anda mengumpulkan alamat email customer anda?

Sudahkah anda mengumpulkan alamat email customer anda?

Di tahun 2017 ini, email sudah merupakan barang yang wajib digunakan untuk mereka yang sering berhubungan dengan dunia digital maupun online. contoh paling sederhana adalah smartphone yang kita pakai sehari hari, tentunya kita sering memakai email,bila kita memakai smartphone.

Para customer yang membeli produk kita tentu-nya juga memiliki email. Pertanyaan saya hari ini sederhana saja.

Sudahkah anda mengumpulkan alamat email customer anda?

Kalau sudah, sudah anda gunakan untuk apakah alamat email customer anda? share ya di kolom komen.

Kalau Belum, silahkan baca artikel ini lebih lanjut, karena saya akan menulis tentang bagaimana alamat email customer anda sangatlah bermanfaat bagi kelangsungan bisnis/brand anda.

Apa Untung dan Rugi-nya?

Untuk apa kita mengumpulkan alamat email customer kita. Tentu ada manfaatnya, apa ada juga rugi-nya? ini list nya

Manfaat dari mengumpulkan alamat email customer kita:

  • Mengajak customer kita untuk mengenal lebih dalam mengenai bisnis kita

    Mungkin customer kita mengenal kita dari salah satu produk yang kita jual. Dengan mengumpulkan alamat email mereka, kita bisa mengajak mereka untuk mengenal produk kita yang lain.

    80% customer lebih suka membeli dari brand/produk yang mereka sudah kenal/pernah beli sebelum-nya

  • Menjaga hubungan baik yang tercipta antara seller dengan customer

    Bila kita menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan customer atau bahkan lebih baik daripada kebutuhan customer, tentunya ada hubungan baik yang tercipta.

    Hubungan ini tentu-nya sangat berharga dan harus kita jaga, bila kita tidak ingin customer kita lari ke brand/produk lain-nya

    Kita bisa menjaga hubungan dengan customer kita dengan mengirimkan mereka email berkala tentang update produk/toko kita atau mungkin tentang promo special yang kita buat, khusus untuk customer kita yang sudah pernah membeli produk kita

  • Menayangkan iklan Facebook dan Instagram ads untuk mereka

    Email dari customer kita yang sudah terkumpul bisa juga kita pakai untuk menayangkan iklan Facebook dan Instagram ads untuk mereka.

tidak ada rugi nya mengumpulkan alamat email customer kita. bila seandainya yang bersangkutan tidak mau alamat email nya kita kumpulkan, ya sudah tidak perlu memaksa.

Jangan Seperti jualan di Pasar

Jangan dong, jangan seperti jualan di pasar. Kalo di pasar kan, identik dengan tempat yang ramai, perang harga, ada pembeli, transaksi, selesai. kalo kita beruntung besok customer kita bakal balik, tapi kalo tidak? Kita tidak tahu mereka akan menghilang ke mana.

Renungkan kembali model bisnis kita. apakah kita selalu mencari tempat yang ramai, perang harga, bertemu dengan pembeli kita, transaksi dan selesai.

Bila begitu akan susah untuk bersaing dan mengembangkan bisnis kita. Bisa berkembang tapi susah.

Dengan Produk/ Brand / Marketing yang unik  anda bisa membuat produk kita lebih berharga sehingga bisa terhindar dari perang harga.

Dan Dengan email marketing kita bisa menjaga pembeli kita, bahkan mengajak mereka untuk membeli lagi atau membeli produk kita yang lain.

Meminta dengan Baik

Bila kita kuatir kalo meminta pembeli kita alamat email mereka secara langsung akan membuat mereka terganggu. Berikut beberapa tips yang bisa kita coba lakukan, untuk meminta alamat email mereka secara baik.

  • Meminta alamat email ketika melakukan order

    Bila pembeli kita melakukan order lewat website,umum-nya mereka akan diminta untuk mengisi alamat email mereka ketika mengisi data order.

    Kita juga bisa meminta data mereka walaupun mereka melakukan order by chat dengan menyiapkan form order.

  • Meminta alamat email setelah transaksi

    Kita bisa meminta alamat email customer kita setelah transaksi selesai, melalui chat, barter dengan info produk ter-update atau tentang promo diskon

    contoh: Balas chat ini dengan memberikan alamat email anda, untuk mendapatkan info ter-update atau promo diskon terbaru

  • Meminta alamat email barter dengan sesuatu yang bisa digunakan customer

    Kita bisa meminta alamat email customer kita, barter dengan sesuatu yang ber-value dan bisa dimanfaatkan oleh customer kita.

    Contoh, bila kita menjual peralatan dapur, kita bisa memberikan customer kita menu memasak yang bisa mereka pergunakan dengan peralatan dapur yang sudah mereka beli.

    Jangan lupa untuk meminta alamat email customer kita, ketika memberikan mereka menu memasak yang sudah kita siapkan

Email Marketing untuk bisnis anda

Email marketing bila dijalankan dengan tepat, bisa menjadi langkah promosi yang tepat dan efektif bagi bisnis anda

Muztre Mail: Platform Email Marketing untuk kebutuhan bisnis anda!

Email Marketing Campaign, Categorization, Optin Form, Conversion Pop Out and more. Coba Muztre mail GRATIS selama 30 Hari!

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih: