"> Tips mantul posting di Instagram yang kamu harus tahu | Blog Langit23

Tips mantul posting di Instagram yang kamu harus tahu

Tips mantul posting di Instagram yang kamu harus tahu

Day 2

Topic

Tips mantul agar post Instagram kita menarik dan dilihat banyak orang

Selamat Bergabung di Kelas hari Kedua : 30 hari sukses jualan di Instagram

Setelah kemarin kita belajar mengenai Langkah awal kita untuk berjualan di Instagram

Baca Juga  Langkah awal sukses jualan di Instagram

Hari ini kita akan belajar bagaimana cara nya menentukan target market kita , bagaimana cara nya membuat posting foto/video yang memiliki daya marketing yang tinggi,  dan 5 hal yang perlu kita perhatikan dan harus ada di caption Instagram kita.

30 hari sukses jualan di Instagram

Praktek-kan langkah langkah di dalam materi kursus ini pada hari kedua hingga hari keenam anda di Instagram

Sebelum kita membuat konten di Instagram, baik itu home feed post, Insta story, Instagram TV, ada baiknya bila kita menentukan target market kita terlebih dahulu.

Kenapa kita perlu menentukan target market kita sebelum membuat konten di Instagram?

  • Ya agar kita tidak jualan ke orang yang salah
  • Agar kita dapat mencari target market yang telah kita tentukan di Instagram

anda tidak mau kan jualan kursus bisnis kepada anak sekolahan atau menjual tiket konser kepada ibu ibu rumah tangga? pasti gak laku! 

Kalau jualan kursus bisnis ya kepada anak kuliahan setidak nya, atau anak kuliah di dalam jurusan manajemen bisnis atau kalau jualan tiket konser ya ke anak usia sekolah dan kuliah.

 

maka dari itu penting banget untuk menentukan target market kita.

Tentukan Target Market kita terlebih dahulu!

Kita perlu spesifik dalam menentukan target market kita, dan dalam menentukan target market kita, kita perlu mencari tahu beberapa elemen kira kira seperti berikut

  • Berapa umur mereka?
  • Apa profesi mereka?
  • Apa kesukaan mereka?
  • Kesusahan apa yang sedang mereka jalani dalam tahap kehidupan mereka? atau setidak nya satu atau dua kesusahan yang mereka jalani dan bagaimana bisnis/produk kita bisa menolong mereka?
  • Bahasa apa yang mereka gunakan sehari hari?
  • Konten sosial media seperti apa yang mereka sukai?

Saya akan berikan contoh di bawah ini

image host

Contoh akun IG @pentaroti adalah salah satu bakery shop di Surabaya dan saya lihat di home Instagram mereka banyak memajang tart dan hampers (bingkisan berupa cake yang diberikan kepada saudara/keluarga pada saat Hari spesial). maka target market mereka semesti nya adalah Ibu ibu rumah tangga dengan kemampuan ekonomi menengah ke atas, berusia sekitar 25-45 thn, yang pada saat ini mungkin sedang sibuk memilih sekolah/kursus terbaik untuk anak mereka, atau mungkin sedang sibuk mendekor rumah, yang mungkin juga mereka ini suka melihat tips dekor atau tips memasak di sosial media.

Posting foto/video yang memiliki daya marketing tinggi!

Kalo anda sedang di Instagram apa yang anda lihat? Foto pemandangan alam indah, Foto pemandangan kota indah, Foto makanan yang cakep cakep dan menguggah selera, Foto cewek cakep cakep, Foto produk yang cakep cakep dari local brand maupun Intenasional.

Karena Instagram it`s all about the eye, para pengguna Instagram sangat dimanjakan mata nya oleh foto foto yang menarik, itulah juga yang menjadi alasan kuat kalo kita harus invest waktu dan tenaga di setiap postingan Instagram kita agar menjadi menarik dan mampu bersaing dengan foto foto para kompetitor bisnis kita di Instagram.

Foto yang seperti bagaimana yang bisa nendang di mata para netijen (bola kali)? Maksud saya foto seperti bagaimana yang memiliki daya marketing tinggi sehingga bisa menjual produk/brand kita dengan baik?

Foto yang memiliki daya marketing tinggi tidak cukup foto yang indah, pencahayaan bagus, kamera bagus, setting bagus, yang di foto hanya produk yang dijual saja.

Foto atau bisa juga video yang memiliki daya marketing tinggi adalah Foto atau video yang bercerita, Foto atau video yang bersifat aspirasional ! 

Foto atau video ber-Aspirasional? Apa itu?

adalah Foto atau video yang merepresentasikan produk/brand anda dan juga merepresentasikan harapan/keinginan target market anda untuk kehidupan mereka yang lebih baik.

Bingung? saya akan beri contohnya berikut:

video ini menggambarkan betapa ribetnya langkah langkah yang harus dilalui oleh seseorang bila ingin menghasilkan kampanye iklan yang hasil maksimal di Instagram ads, kemudian terlihat seorang klien Langit23 yang tersenyum lega karena tidak perlu melalui semua langkah yang merepotkan tersebut dan bisa mendapatkan hasil iklan yang maksimal.

image host

Salah satu postingan dari akun @bro.do ini menunjukkan salah satu customer mereka yang kebetulan beliau adalah salah satu menteri koperasi dan UKM Indonesia, foto ini menunjukkan customer bro.do yang tertawa lepas sambil memangku kaki nya seolah bangga menggunakan produk bro.do

Persamaan dari kedua postingan contoh di atas adalah sama sama bercerita, sama sama menampilkan produk/brand dengan pengalaman customer nya yang puas dengan produk/brand tersebut. Nah pasti anda sudah dapat gambaran kan sekarang.

untuk mendapatkan ide mengenai foto seperti bagimana yang ber-Aspirasional? Kita bisa coba menanyakan diri kita sendiri cerita apa yang bisa aku ceritakan melalui foto yang menggambarkan keinginan target market saya untuk kehidupan yang lebih baik.

Bagaimana dengan perlengkapan untuk foto? Kamera dan kawan kawan

Gak perlu pakai camera dslr yang mahal mahal lah, kamera HP saja sekarang juga sudah banyak yang bagus kok hasilnya, dengan sedikit trik fotografi, hasil foto Instagrammable bisa kita miliki.

Berikut rekomendasi kamera smartphone yang sudah mantul banget dan bisa menghasilkan Foto yang super cantik dan pastinya gak bakal bikin kita tengsin buat di upload di Instagram:

  • ViVo V15 pro
  • Oppo F11 pro
  • Redmi Note 7
  • Redmi Note 7 pro

Kebanyakan smartphone sudah dibekali dengan fitur edit foto sederhana yang cukup mumpuni namun jika anda masih memerlukan apps untuk mengedit foto, ini dia rekomendasi apps untuk meng-edit foto Instagram anda secara sederhana:

  • PIXLR
  • Canva
  • Snapseed

Saya akan memberikan tips tips membuat konten Instagram anda atau meng-edit foto anda menggunakan photo apps – photo apps ini di artikel yang lain-nya.

Info UPDATE seputar online marketing melalui email anda
follow kami juga di sosmed berikut (konten online marketing juga)
Info UPDATE seputar online marketing melalui email anda
follow kami juga di sosmed berikut (konten online marketing juga)
5 Hal yang harus ada di caption Instagram kita!

Ketika kita sudah menentukkan Target market kita, kini saatnya menulis caption untuk mereka.

Berikut adalah 5 hal yang perlu kita perhatikan dan harus ada di caption Instagram kita:

Berkomunikasi dengan target market anda.

Jangan menulis caption yang membicarakan tentang anda atau bisnis anda sendiri, kita perlu menulis caption yang bisa mengajak target market kita ikut menyumbang komentar.

image host

Instagram post dari @pecenongan43 yang bercerita melalui Instagram post mereka dan mengajak para pemirsa nya untuk ikut menebak jalan cerita nya

Bercerita, Informatif atau memberi solusi

Kita bisa juga memberikan Caption yang bercerita, memberikan informasi yang menarik atau solusi atas masalah, keresahan atau sekedar pertanyaan dari target market kita

image host

Instagram post dari @misterbrewok sering memberikan informasi dan tips tips seputar penggunaan produk yang mereka jual

Penting nya kalimat pembuka dan penutup dalam caption

Dua hingga tiga baris kalimat pembuka caption kita adalah bagian yang terpenting dalam caption Instagram kita. Karena bagian itu saja lah yang dibaca orang pertama kali ketika mereka menemukan post kita di home feed atau bagian explore Instagram mereka, sebelum mereka klik more.

Saya masih melihat beberapa orang yang cuma menulis angka atau bahkan spasi di baris pertama dari Instagram post mereka.

image host

seperti contoh block warna kuning adalah bagian pertama/awal dari caption yang terlihat oleh orang pertama kali sebelum mereka klik more

sama hal nya dengan baris kalimat pembuka, baris kalimat penutup kita juga perlu diperhatikan.

Pastikan kalimat penutup caption kita memiliki kalimat call to action. Apa itu? adalah kalimat – kalimat yang mengajak/mengundang orang untuk ikut berinteraksi dengan foto atau akun kita, entah itu untuk like post, cek Instagram story, tambahkan komentar dan lain sebagai nya.

Pakai spasi dan emoji penting asal tidak berlebihan

Penting juga kita memakai spasi di dalam setiap caption post Instagram kita, apalagi bila kita memasang caption yang puannjaaangg. Tujuan dari spasi agar caption kita masih nyaman dibaca walaupun panjang.

Bila anda memasang caption yang pendek, saya rasa tidak perlu memakai spasi, dan ingat tetap optimalkan baris pertama dari caption anda.

Emoji juga penting untuk membawa emosi dan perasaan target market kita agar ikut hanyut dalam caption Instagram kita.

image host

 

Caption dari akun @larittabakery rapi memakai spasi dan juga tidak lupa membubuhkan emoji untuk ikut membawa perasaan target market mereka

Pakai kata kata yang menunjukkan relevansi antara bisnis anda dengan target market anda

Kadang kadang kita perlu pakai kata kata yang menunjukkan bagaimana postingan anda ada hubungan nya (relevan) dengan target market anda

image host

 

Caption dari akun @webyangbaik yang membahas mengenai pengejaran follower, di tujukan relevansi nya dengan target market mereka di baris akhir caption mereka

Materi hari kedua mengenai bagaimana merakit postingan Instagram anda agar memiliki daya marketing yang tinggi telah selesai. Bila ada yang ditanyakan silahkan komen di bawah!

Jangan lupa masih ada Materi hari ketiga dari Kursus: 30 Hari Sukses Jualan di Instagram yang akan membahas tentang

PR

Aplikasi kan satu per satu langkah – langkah merangkai Post dari akun Instagram bisnis anda di atas, agar bisnis/brand anda memiliki post yang berdaya marketing tinggi dan dapat mengundang interaksi dari target market anda.

Untitled-1 Aga,Former CEO of OmahPohon ecommerce sites, owner of Langit23 Digital Marketing Agency. eager at social media analytic and its application to bussiness and brands,advertisement addict,and Internet marketer,plus digital design enthusiast.

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *