Tips memilih Nama Domain

Tips memilih Nama Domain

Domain adalah Sederet kata yang membentuk kalimat untuk mengindentifikasikan website anda di server. Biasa di awali dengan www (world wide web).

contoh: www.langit23.com Nama Domain biasa disebut juga dengan Alamat URL website anda. Bisa dikatakan Domain adalah alamat usaha/organisasi/rumah anda di dunia online.

Umum nya ada empat metode yang dipilih seseorang dalam memilih nama domain:

tips memilih nama domain banner
1. Menggunakan nama domain berdasarkan kata kunci tertentu yg berkaitan dengan bisnis tertentu

2. Menggunakan nama domain yang unik,beda,dan mempunyai merk/brand tersendiri

3. Menggunakan nama domain yang merupakan perpaduan antara nomor satu dan dua.

4. Menggunakan nama domain berdasarkan nama tetangga sebelah rumah yang lagi kita taksir, hehehe jangan ya ini metode ngawur.

 

Perhatikan, bila anda memilih metode yang pertama maka anda perlu mengadakan survei kata kunci,yaitu kata kunci manakah yg paling tepat untuk saya pakai.
Contoh, seseorang yg menjual wallpaper dinding akan memakai nama domain seperti www.wallpaperdindingsurabaya.com atau www.wallpaperdinding.com.

Kebanyakan orang yang memilih metode ini beranggapan, maka dengan begitu Google akan menayangkan website nya di peringkat pertama halaman hasil pencarian ketika orang mengetik wallpaper dinding.

Bisa saja seperti itu, namun tidak se simple itu. Website Kamu tetap harus berkompetisi dengan puluhan website lainnya yang juga menarget kata kunci wallpaper dinding.

Coba kita pelajari, kata kunci “wallpaper dinding” termasuk kata kunci yang lumayan umum dan kebanyakan pasti dicari orang. Oleh karena itu pasti banyak pula website yang menarget kata kunci tersebut, walhasil kompetisi nya ketat.

Mengingat kompetisi yang ketat,sedangkan website anda adalah termasuk website yang tergolong baru,otomatis Google pun lebih memilih website – website yang sudah lebih lama dan lebih berkualitas di konten tentang wallpaper dinding.

Baca Juga  Bagaimana Cara Kerja Google

Namun tidak ada salah nya apabila anda tetap memilih metode ini, siapa tahu ke depannya anda bisa mengalahkan website – website yang lebih awal dan maju terus ke peringkat pertama Google di halaman hasil pencarian berdasarkan kata kunci “wallpaper dinding”.

Apabila anda melakukan metode yang kedua, maka anda sudah harus siap berutak atik dengan ilmu branding. Anda diharuskan untuk mempromosikan branding (nama domain) yang sudah anda pilih. Anda pun harus memperkenalkan diri anda kepada Google dan menarget kata – kata kunci yang sesuai dengan bidang usaha yang anda geluti.

Contoh, website OmahPohon yang berangkat dari menjual Jam Tangan. Menjual Jam Tangan tapi tidak menggunakan nama domain yang berhubungan sama sekali dengan Jam Tangan. Ini bukan sesuatu yang salah.

Anda hanya harus memperkenalkan produk yang anda jual kepada Google

Contoh, meskipun memakai nama OmahPohon, namun bila anda mengetik kata kunci tertentu yang berhubungan dengan Jam Tangan, maka website OmahPohon pun bisa muncul di halaman hasil pencarian.

Bahkan di peringkat pertama, berdasarkan kata kunci tertentu seperti Harga Jam Tangan Rolex (update 22/05/2015) klik disini

Metode ketiga tidak perlu dijelaskan lagi karena merupakan perpaduan metode kedua dan ketiga apalagi metode ke empat 😀

 


Hal – hal yang harus dihindari ketika memilih Nama Domain :

1. Hindari Nama Domain (website) yang terlalu panjang

Mempunyai Nama Domain yang terlalu panjang bisa membuat orang kebingungan dan kesusahan dalam menghafal.

Idealnya Nama Domain terdiri dari satu atau dua kata,  tiga kata masih bisa di toleransi,walaupun bisa dikategorikan panjang.

Apabila Nama domain sampai empat kata bisa dikategorikan sangat panjang.

 

2. Hindari Nama Domain yang bisa menyebabkan ambiguitas

Hindari penggunaan Nama Domain yang mengandung arti ambigu dan dalam pelafalan nya dapat menyebabkan orang salah mengartikannya.

Beberapa orang menganggap bahwa flickr.com seharusnya flicker.com , karena jika orang mendengar orang lain menyebut flickr.com mereka akan menganggap itu flicker.com

 

3. Hindari Nama Domain yang susah diingat

Nama Domain yang susah dilafalkan dan susah diingat tentu harus dihindari. Bayangkan bila anda memiliki domain seperti www.qwedsaz.com , bagaimana orang akan mengeja dan menghafalnya

4. Hindari penggunaan karakter,tanda baca dalam nama domain

Hindari pengunaan karakter atau tanda baca,seperti ^”: dll.

Umumnya tanda baca yang biasa dipakai hanya seperti  www.ini-website.com

 

Dari contoh di atas,bisa kita lihat bahwa anda dapat memilih metode apa saja dan tetap bisa di indeks dengan baik oleh Google berdasar kan kata kunci dari bidang usaha yang anda geluti. Namun juga perlu diperhatikan hal hal yang harus dihindari dalam memilih nama domain.

Jadi No worries Be Happy, pilih metode yang anda imani dan jalankan website anda sekarang.

 

Aga, Blog contributor

 

 

Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih: