"> Yang perlu diketahui dari fase learning Facebook ads | Blog Langit23

Yang perlu diketahui dari fase learning Facebook ads

Yang perlu diketahui dari fase learning Facebook ads

Saat ini , Ketika kita memasang iklan kita di Facebook dan Instagram ada tahapan (fase) yang perlu dilalui oleh iklan kita yaitu yang nama nya fase pembelajaran alias fase learning (learning phase).

Definisi Learning Phase (fase pembelajaran)

Saat ini , Ketika kita memasang iklan kita di Facebook dan Instagram ada tahapan (fase) yang perlu dilalui oleh iklan kita yaitu yang nama nya fase pembelajaran alias fase learning (learning phase).

Learning phase ini adalah sebuah fase yang secara otomatis dijalankan oleh Facebook Instagram ketika pertama kali kita menayangkan iklan atau ketika kita merevisi iklan kita.

image host

Mengutip dari laman Facebook sendiri, Learning phase artinya adalah periode waktu ketika sistem pengedaran iklan sedang mempelajari mengenai adset anda (adset artinya adalah pemirsa dan cara pendistribusi-an iklan yang telah anda set).  Ketika dalam learning phase, sistem pengedaran iklan sedang mencari cara yang paling baik untuk mengedarkan iklan kita, sehingga performa juga kurang stabil dan CPA (cost per action) juga biasa nya masih jelek.

Penting untuk memahami Learning phase

oke biasa aja, ngapain juga kita perlu tahu mengenai fase learning Facebook ads?

Tunggu dulu! learning phase ini menjadi penting karena performa iklan kita akan kembali memasuki learning phase ketika kita merevisi iklan kita.

kemudian ketika iklan kita aktif kembali setelah melalui learning phase yang kedua kali, performa iklan dan hasil yang kita dapat mungkin tidak bisa sama ketika pertama kali tayang.

Nah inilah yang menjadi issue di kalangan para marketer. Performa iklan yang awal nya bagus, setelah di revisi dan kembali melewati learning phase menjadi tidak bagus.

Hal ini juga lah yang mendasari saya untuk menulis mengenai hal ini “Yang perlu diketahui dari Fase Learning Facebook ads.”

Saya kasih contoh ya:

Misalkan si A Punya sebuah kampanye iklan yang menurut dia bagus banget hasil nya, dia dapat banyak traffic dari kampanye iklan ini, yang berpengaruh juga terhadap penjualan nya.

Namun karena suatu hal, membuat si A harus melakukan edit di materi iklan nya. Setelah melakukan editing, kampanye iklan si A kembali memasuki learning phase.

Sayangnya setelah melewati learning phase performa hasil yang dia dapatkan tidak sebagus sebelum melakukan editing.

Lebih dalam lagi saya akan membahas mengenai revisi macam apa yang membuat iklan kita memasuki fase learning, dan revisi macam apa yang tidak membuat iklan kita memasuki fase learning.

Mengetahui jenis – jenis revisi yang akan membawa kita memasuki fase learning dan jenis – jenis revisi yang tidak membawa kita memasuki fase learning akan menjadikan kita lebih bijak ketika ingin merajut iklan atau untuk merevisi iklan kita di Facebook dan Instagram ads.

Saya akan bahas lebih detail mengenai hal ini di artikel yang lain.

Berapa lama Learning Phase berlangsung?

Seperti orang belajar, pasti ada waktu nya untuk selesai. Selesai belajar maksudnya. Sama dengan Learning phase Facebook ads ini, ada waktunya untuk selesai. Kapan itu?

Mengutip dari laman Facebook sendiri, learning phase akan selesai ketika sistem pengedaran iklan Facebook telah mendapatkan 50 hasil.

Hasil apa itu? Hasil apapun itu, yang sesuai dengan apa yang telah kita pilih (set) di bagian ads campaign.

Misalkan Jika kita sudah memilih untuk video views campaign, maka hasil yang dimaksud adalah 50 video views.

Apa yang terjadi ketika Learning Phase selesai?

Learning phase dimaksudkan untuk memberi waktu bagi sistem pengedaran iklan untuk mencari cara Terbaik untuk mengedarkan iklan kita, maka ketika learning phase selesai, sistem pengedaran iklan telah menemukan cara terbaiknya, dengan kata lain kampanye iklan kita telah diedarkan ke orang orang yang tepat sesuai targeting pemirsa yang telah kita pilih. (menurut sistem pengedaran iklan Facebook).

Pesannya apa? Kita perlu berhati hati dan mempertimbangkan faktor bahwa kampanye iklan kita akan memasuki learning phase sekali lagi sebelum memutuskan untuk mengedit iklan kita.

Ke depannya saya akan menulis tentang  jenis – jenis revisi yang akan membawa kita memasuki fase learning dan jenis – jenis revisi yang tidak membawa kita memasuki fase learning, ini akan menjadikan kita lebih bijak lagi ketika ingin merajut iklan atau untuk merevisi iklan kita di Facebook dan Instagram ads.

Bisa gak nih, Kira kira kalo kita lihat dulu sebentar iklan yang barusan kita edit bakal sama bagus gak performa nya dengan sebelum di edit? Bisa, nanti saya bagi cara nya ya

placeholder image
Belajar Instagram marketing dengan cara yang tepat untuk Bisnis/Brand kamu!
Bersama saya Aga, Founder dari langit23.com - Digital Marketing Agency. KURSUS GRATIS! Materi diberikan via member area.
Rahasia Masuk Halaman Pertama Google dalam hitungan bulan saja!
KURSUS GRATIS! Materi diberikan via email.
Rahasia Masuk Halaman Pertama Google dalam hitungan bulan saja!
KURSUS GRATIS! Materi diberikan via email.

Info UPDATE seputar online marketing melalui email anda
follow kami juga di sosmed berikut (konten online marketing juga)
Info UPDATE seputar online marketing melalui email anda
follow kami juga di sosmed berikut (konten online marketing juga)

Aga, Social Media and Digital Marketing Enthusiast who eager to find the fit social media strategies for each brands and business from any kinds of niches through media and platform analytics data, addicted to PPC advertisement campaign. also known as social media and digital marketing strategist with added digital design and video editing skills. Also fond to play basketball in spare time.

Jasa Online Marketing Langit23
Jasa Optimasi Iklan facebook ads dan Instagram ads yang dapat bermanfaat bagi pengembangan bisnis dan branding image perusahaan/bisnis/online bisnis anda. Klik Detail
Kalo suka,share artikel ini ke teman-teman Ya,Terima Kasih:
Komen dengan Facebook kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *